3D HOLOGRAM – Belajar Jadi Lebih Seru

3D Hologram menjadi salah satu cara yang bisa membuat proses belajar menjadi lebih seru dan tidak membosankan. Tapi sebelumnya, apa sih 3D Hologram itu?

Holografi adalah teknik yang memungkinkan cahaya dari suatu benda yang tersebar direkam dan kemudian direkonstruksi sehingga objek seolah-olah berada pada posisi yang relatif sama dengan media rekaman yang direkam. Gambar berubah sesuai dengan posisi dan orientasi dari perubahan sistem pandangan dalam cara yang sama seperti saat objek itu masih ada, sehingga gambar yang direkam akan muncul secara tiga dimensi (3D) yang biasa disebut dengan hologram. 
Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Hologram bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik itu kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan, atau adegan.
Kelebihan hologram ialah ia mampu menyimpan informasi, yang di dalamnya memuat objek-objek 3 dimensi (3D). Tidak hanya objek-objek yang biasa terdapat di foto atau gambar pada umumnya. Hal itu disebabkan prinsip kerja hologram tidak sesederhana lensa fotografi. Hologram menggunakan prinsip-prinsip difraksi dan interferensi, yang merupakan bagian dari fenomena gelombang.
Gimana sih cara membuat 3D HOLOGRAM ?? yuk kita simak tutorialnya!
  • Buat pola trapesium di kertas biasa dengan ukuran seperti gambar di bawah ini.


hologram video

  • Siapkan alat-alat dan bahannya, yaitu:
  1. Kotak CD Bekas
  2. Pisau Cutter
  3. Gunting
  4. Penggaris
  5. Lem dan selotip
  • Potong bagian kotak CD yang bening seperti kaca, sesuaikan dengan ukuran pada pola yang sudah kamu buat tadi. Usahakan memotong dengan ukuran yang tepat, sehingga gambar yang dipantulkan akan terlihat sempurna. Buat empat buah trapesium dengan bentuk dan ukuran yang sama.
  • Tempelkan sisi-sisi keempat keping trapesium tersebut dengan selotip dan lem hingga membentuk sebuah piramida.
  • Perangkat reflektor holografiknya sudah jadi. Sekarang kamu tinggal letakkan lubang kecil piramidanya tepat di tengah-tengah HP kamu.
  • Untuk video hologram 4 sisinya, kamu bisa streaming atau download videonya di Youtube
Gampang banget kan ternyata? Nah, sekarang kamu bisa ciptakan Hologram keren di HP Android sendiri! Semua alat dan bahannya pasti ada di rumah kamu? Atau jika harus membeli beberapa bahan seperti tempat CD dan lem, kamu nggak harus merogoh kantong kamu dalam-dalam, kok. Selamat mencoba!

Referensi :

0 Komentar