Say No to Ponsel Lemot!!


Handphone lemot emang ngeselin banget deh, mau berapa besarpun RAM yang ada di smartphone kamu, dalam beberapa kondisi pasti akan terasa lemot, 'kan? Kali ini, saya akan berikan beberapa tips kece supaya handphone kamu tetap cepat tanpa hambatan.

Sebelum itu, kita harus tau dulu nih apasih penyebab Hp jadi lemot? ada beberapa faktor utama yang dapat menyebabkan Hp kamu jadi lemot, diantaranya :
Pertama,  kamu terlalu banyak menginstal aplikasi dengan kapasitas memory besar, sehingga Hp kamu kehabisan ruang untuk melakukan hal lain.
Kedua, penggunaan RAM sudah hampir melebihi batas kapasitas. Seperti menggunaakan aplikasi berat yang dilakukan secara bersaman
Ketiga, Terlalu banyak aplikasi yang berjalan atau lupa mematikan aplikasi setelah menggunakannya, ini juga bisa menjadi penybab RAM Hp kamu menjadi penuh.

Nah terus, gimana sih cara untuk tetap menjaga performa Hp kamu?


1. Instal aplikasi Files go atau aplikasi sejenisnya yang bisa digunakan untuk memantau penggunaan memori di Hp kamu. karena selain RAM, kapasitas memori internal juga mempengaruhi performa Hp kamu lho.

2. Hindari penyimpanan banyak data tidak penting atau aplikasi dengan kapasitas memori yang besar. caranya, kamu bisa menginstal aplikasi tersebut dengan versi ringannya seperti Facebook Lite, Youtube Go dan lain sebagainya.

3. Gunakan Aplikasi serbaguna untuk menghemat kapasitas ruang penyimpanan di Hp kamu. sebagai contoh, kamu bisa menginstal Clean Master. Karena dalam satu aplikasi kamu bisa mendapatkan fiture yang banyak, seperti partisi SD Card, Backup aplikasi, link aplikasi ke memori card, dan lain sebagainya. aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk memantau penyimpanan di Hp kamu.

4Hindari menggunakan Live Wallpaper dan kurangi penggunaan widget agar Hp kamu tidak bekerja terlalu berat. karena hal ini dapat menyita konsumsi RAM yang lebih besar, berdampak pada Hp kamu yang menjadi lambat.
5. Selalu update software kamu. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki masalah yang dibawa oleh sistem sebelumnya.
6. Hapus atau Hentikan aplikasi yang sudah tak terpakai. Kadang, memang beberapa aplikasi tidak dapat dihapus karena merupakan bawaan sistem. Dan yang menyebalkan adalah fakta bahwa kadang aplikasi-aplikasi bawaan sistem itu terus berjalan walau tidak dibutuhkan, sehingga mengkonsumsi RAM dan memperlambat Android kamu.

Untuk menghentikannya, kamu buat aplikasi-aplikasi tersebut Disable, dengan cara masuk Settings - Apps, lalu pada tab Running pilih aplikasi yang tidak kamu butuhkan, dan pilih Disable.

7. Kurangi atau Matikan Animasi di Android Kamu
Animasi adalah salah satu pencuri RAM di perangkat Android. Nah, cara mengatasi Android lemot selanjutnya adalah dengan masuk ke menu Setting - Developer Options.

Untuk mengurangi atau mematikan animasi di Android agar Android kamu tetap cepat, kamu bisa ke mengaturnya di Settings - Developer Options, lalu ubah nilai Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale ke nilai terkecil, atau dibuat off sekalian.

8. Bersihkan cache data. Caranya, masuk Settings - Apps - All lalu cari aplikasi yang akan dibersihkan cache-nya, dan pilih Clear Cache. Atau, kamu juga bisa sekaligus membersihkan cache pada Android kamu melalui menu Settings - Storage - Cached Data, dan pilih OK saat ada pop up.


Nah, itu dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi Android lemot. Perlu diingat, bahwa performa Android tidak selalu ditentukan oleh RAM yang besar atau prosesor yang cepat, tapi tergantung bagaimana kamu menjaga performanya agar tetap cepat dan tidak lemot.

Selamat mencoba!

0 Komentar