APA ITU E-BUSINESS DAN E-COMMERCE?

Internet telah membuat interaksi bisnis menjadi multi-aspek. Sekarang orang bisa melakukan bisnis, seperti membeli sesuatu, bertransaksi, dan menjalankan fungsi-fungsi bisnis melalui internet. Konsumen dan pemilik/pengelola bisnis dapat mendapatkan dan melakukan apa yang mereka inginkan tanpa harus meninggalkan beranjak dari tempat duduk, selama terhubung dengan internet.
Istilah e-business dan e-commerce seringkali terlihat dan digunakan untuk proses yang sama. Namun demikian, meskipun berhubungan, keduanya memiliki arti yang berbeda. Awalan “e” berarti “elektronik”, yang berarti kegiatan atau transaksi yang digunakan tanpa pertukaran atau kontak fisik. Transaksi diadakan secara elektronik atau digital, sesuatu dibuat menjadi mungkin dengan pesatnya perkembangan komunikasi digital.
E-business merupakan salah satu dari bagian perkembangan teknologi internet dan gadget. Memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data secara internal maupun eksternal dengan lebih efisien dan fleksibel. E-business banyak dipakai untuk berhubungan dengan supplier dan mitra bisnis serta memenuhi permintaan dan melayani pelanggan dengan lebih baik lagi.
E-business adalah aktifitas bisnis dengan memanfaatkan jaringan internet dan komputer untuk menjalankan kegiatan bisnis. Tidak hanya transaksi penjualan dan pembelian saja, tetapi juga melingkupi pertukaran komunikasi, informasi, riset dan sebagainya. Secara garis besar E-business merupakan sebuah bentuk bisnis yang dikembangkan dan juga ditempatkan pada sebuah sistem elektronik yaitu jaringan komputer yang terhubung dengan internet. Biasanya sistem E-business mencakup all in one, dimana seluruh proses transaksi, marketing, dan lainnya menjadi satu.
Ada beberapa ciri E-business:
  1. E-business memiliki cakupan program yang luas, bukan hanya proses transaksi jual beli saja.
  2. E-business hanya memiliki sebuah kantor pusat atau kantor perwakilan untuk memanage seluruh bisnis yang dikembangkan.
  3. E-business memiliki banyak feature yang sangat lengkap, mulai dari tim pemasaran, tim IT, maintenancedan sebagainya.
  4. E-business dapat dilihat atau dipandang sebagai keseluruhan bagian dari sebuah situs yang menawarkan e-commerce.
E-commerce berarti transaksi bisnis melalui internet di mana pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan atau pembelian. Transaksi yang dilakukan dalam e-commerce pada dasarnya melibatkan pengalihan (transfer) atau penyerahterimaan (handing over) kepemilikan dan hak atas produk atau jasa.
Secara teknis, e-commerce hanya merupakan bagian dari e-business karena, menurut definisi, e-business adalah semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen (e-commerce), transaksi dengan produsen dan pemasok, dan interaksi dengan mitra bisnis. Pertukaran informasi via database terpusat juga dilakukan dalam e-commerce. Fungsi-fungsi bisnis hanya terbatas pada sumber daya teknologi.


E-commerce pada prinsipnya melibatkan pertukaran uang dalam transaksi. E-business, karena lebih luas, tidak terbatas pada transaksi yang bersifat keuangan (monetary). Semua aspek dalam bisnis, seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan, dsb.
E-business lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Jadi, tentu saja, e-commerce merupakan bagian takterpisahkan dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli.
Ada beberapa jenis tipe dari E-Commerce :
  1. Business-to-Consumer (B2C) 
    Proses transaksi jual dan beli barang / jasa antara perusahaan dengan customer. Contoh : Intel, Asus, Apple, dll.
  2. Business-to-Business (B2C) 
    Proses transaksi jual dan beli barang / jasa antara perusahaan dengan perusahaan. Contoh : Oracle, Alibaba, dll.
  3. Consumer-to-Consumer (C2C) 
    Proses transaksi jual dan beli barang / jasa antar customer. Contoh : Tokopedia, OLX
  4. Consumer-to-Business (C2B) 
    Proses transaksi jual dan beli barang / jasa antar customer dan bisnis ( perusahaan ).
Ringkasan:
1. E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
2. E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
3. E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.4. E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll

Referensi:

0 Komentar