Mikrokontroler Arduino Uno itu apa sih?

Arduino Uno adalah papan mikrokontroler berbasis ATmega328 yang memiliki 14 pin digital input/output (di mana 6 pin dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, clock speed 16 MHZ, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tornbol reset. Board ini menggunakan daya yang terhubung ke komputer dengan kabel USB atau daya eksternal dengan adaptor AC-DC atau baterai.

Arduino Uno adalah pilihan yang baik untuk pertama kali atau bagi pemula yang ingin mengenal Arduino. Di samping sifatnya yang reliabel juga harganya murah.

Mikrokontroler adalah sebuah sistem komputer fungsional dalam sebuah chip. Di dalamnya terkandung sebuah inti prosesor, memori (sejumlah kecil RAM, memori program, atau keduanya), dan perlengkapan input output.

Secara sederhana, mikrokontroler adalah chip yang menjadi otak dari sebuah rangkaian elektronika. Analoginya, jika pada komputer anda otak utama adalah chip processor Intel Core i7 (atau AMD) yang mengatur semua hardware dari mulai motherboard, RAM, hardisk, monitor, keyboard, dsb, maka pada rangkaian mikrokontroler, terutama yang berbasis Arduino, chip ATmega328 adalah otaknya, yang mengatur komponen lain yang terhubung dengan nya (misal led, sensor2, motor). Jika pada komputer and software diinstall dengan Operating System Windows (atau Mac OSX / Linux) sebagai tuan rumah nya, pada microkontroler software berbentuk program yang langsung di 'bakar' (burn) langsung pada chip mikrokontroler yang bersangkutan, dengan 'bootloader' sebagai tuan rumahnya.
Pada kebanyakan papan pengembang atau development board populer yang berbasis Arduino yang umum digunakan sekarang, chip yang banyak digunakan adalah ATmega328. Platform Arduino, yang dibantu oleh dengan board-board yang Arduino compatible, memudahkan anda melakukan prototyping rangkaian dan pemrograman chip ATmega328 untuk melakukan tugas yang anda tentukan.

1 Komentar