Main Komputer jadi Lebih Kece dengan Mouse Cincin!

Mouse merupakan alat input yang telah digunakan selama puluhan tahun oleh pengguna komputer. Wujudnya tidak banyak berubah sejak pertamakali dipantenkan pada tahun 1947. Meskipun seiring dengan waktu, bentuknya akan semakin ergonomis dan sensornya akan semakin modern. 
Tentu saja mouse menyimpan sejumlah kelemahan. Periferal ini membutuhkan bidang dua dimensi agar bisa bekerja. Permukaannya pun tidak boleh sembarangan. Biasanya jika bentuk tangan dan posisi tangan yang tidak benar, material tertentu kadang tidak dapat dibaca sensor secara optimal.  Terlebih mouse hanya akan berfungsi di beberapa permukaan saja, dan itu artinya ada biaya yang harus dikeluarkan lagi untuk membeli mousepad. Tetapi kini beberapa perusahaan menawarkan sebuah solusi yang lebih modern.
  • Padrone Ring Mouse

 Salahsatu tim asal Swiss memperkenalkan Padrone, yaitu mouse dalam wujud cincin.
Pengoperasiannya tidak memerlukan mouse mat, lalu tak ada lagi kendala soal wujud mouse yang tak sesuai dengan kebiasaan atau bentuk tangan kita
Sebagai cincin, Padrone menjawab kelemahan umum yang ada pada mouse konvensional. Pengoperasiannya tidak memerlukan mouse mat, lalu tak ada lagi kendala soal wujud mouseyang tak sesuai dengan kebiasaan atau bentuk tangan kita. Padrone turut memberikan solusi buat pengguna kidal karena ia dapat dikenakan di tangan mana pun. Mouse biasa (terutama model wireless) juga bisa hilang atau jatuh, namun peluang insiden ini terjadi pada Padrone jauh lebih kecil karena prangkat selalu terpasang di tangan Anda.
Pada dasarnya, Padrone tidak perlu dilepas saat Anda beraktivitas. Ia telah memperoleh sertifikasi IP67, yang berarti konstruksinya mampu menahan debu dan air maksimal sedalam satu meter selama 30 menit. Dengan begini, kita tetap bisa mengenakannya ketika mencuci tangan (atau bahkan mandi). Bobotnya pun sangat ringan sehingga mungkin Anda akan lupa sedang mengenakan mouse cincin,  hanya 8-gram.
Padrone tersambung ke PC Anda lewat Bluetooth tanpa ada software yang perlu diinstal.  Periferal ini kompatibel dengan perangkat-perangkat ber-OS Windows, Mac serta Android (mayoritas laptop sudah dibekali konektivitas Bluetooth). Pengoperasian Padrone hampir serupa seperti menggunakan mouse. Saat dikenakan, kursor mouse akan mengikuti gerakan jari kita. Ketukkan telunjuk di meja sebagai klik kiri dan jari tengah untuk klik kanan lalu, rentangkan atau tekuk telunjuk serta jari tengah buat mengaktifkan fungsi scroll wheel.
  • Mouse ThumbTrack

Mouse yang berbentuk cincin ini hanya berukuran 28 x 19mm. Mouse yang terbuat dari bahan karet fleksibel ini dapat digunakan untuk semua ukuran jari. Jika Anda menggunakan ThumbTrack, Anda dapat terhindar dari risiko sakit atau cedera tangan dan pergelangan tangan.

Penggunaan mouse cincin dengan teknologi wireless ini cukup mudah, Anda hanya menekan tombol pada mouse dan menggeser jari Anda sama seperti sedang menunjuk suatu objek. Dengan menancapkan USB dongle ke PC, mouse ini dapat langsung digunakan.

  • Genius Ring Mouse
Pembuat aksesoris dan periperal Genius telah kembali menghadirkan model air mouse (mouse nirkabel) terbarunya berbentuk cincin yang dapat dipakai pada jari penggunanya yaitu Genius Ring Mouse 2.
Perangkat yang lebih dikenal sebagai sensor sentuh ini memiliki desain berbentuk cincin yang ringan dan dapat dikenakan pada jari penggunanya untuk keperluan bisnis, wisata, pendidikan serta HTPC. Terlebih dengan desain kompak yang diusungnya, membuat perangkat ini mudah dioperasikan, dibawa ke mana saja dan pas ditaruh di saku Anda. 

Penggunaan teknologi kontrol sentuh, Genius Ring Mouse 2 ini memungkinkan penggunanya dapat menggeser jarinya untuk bernavigasi melalui halaman web atau dokumen pada tampilan layar yang ada. Selain itu, pengguna juga dapat beralih ke modus kursor untuk menggunakannya sebagai mouse secara nirkabel untuk fungsi mouse yang sebenarnya, termasuk gerakan kursor, klik kiri/tengah/kanan, dragging dan 4-way scrolling. 

Tak hanya itu saja, penggunakan teknologi nirkabel 2.4Ghz pada perangkatpun telah membuat mouse ini dapat dioperasikan hingga sejauh 10 meter dari jangkauan operasi. Sedangkan untuk menunjang pengoperasian yang lama, Genius juga telah berhasil mengemas baterai isi ulang li-ion dengan desain yang ramping pada perangkat.



sumber : dirangkum dari berbagai sumber

0 Komentar