Karakter Berdasarkan Media Sosial yang Digunakan


Sobat techno pasti sering kan membuka media sosial? nah disadari atau tidak, berbeda media sosial berbeda juga karakter penggunanya lho.

Jejaring sosial seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya merupakan media modern yang digunakan oleh masyarakat dunia dalam berinteraksi sosial di dunia maya. Dengan menggunakan media sosial tersebut, manusia tak perlu lagi harus bertatap muka untuk sekedar saling berbagi kabar dan berbincang – bincang. Yuk kita simak, apa sih perbedaan karakter seseorang berdasarkan media sosial yang digunakan.

1. Facebook

Sebagai jejaring sosial nomor 1 di dunia, Facebook telah berkembang cukup pesat. Berawal dari konsep sederhana yang dirancang di sebuah kamar kos, aplikasi buatan Mark Zuckerberg tersebut berhasil mendunia dan dipakai oleh lebih dari 1 miliar penduduk dunia.

Karakter pengguna Facebook cenderung senang berbagi, orang yang terbuka dalam bersosialisasi, senang menjalin pertemanan dengan orang baru dan cermat dalam menerima informasi.

Setelah diamati, ternyata setiap orang yang menggunakan Facebook memiliki tujuan masing-masing. Bahkan cara mereka menggunakan Facebook pun berbeda-beda sesuai dengan karakter masing-masing orang. berikut beberapa tipe pengguna facebook diantaranya :

A. Tipe Normal. Facebookers ini menggunakan akunnya untuk berbagi kabar (update status) dan berkomentar secara wajar dan seperlunya. Mereka pun dapat membagi waktu dengan efektif dan bisa berfacebookan sesuai situasi dan kondisi.

B. Tipe Ekspresif. Mereka yang termasuk tipe ini sangat intens mengakses Facebook. Mereka pun sangat sering mengupdate statusnya, bahkan setiap jam anda dapat melihat perubahan statusnya. Rasa senang, takut, marah, dan bahkan rasa kesal sedikit saja, mereka langsung mengabarkannya di Facebook.

C. Tipe Pengintip (Likers).  Tipe ini justru sangat kalem. Mereka suka menggunakan Facebook hanya untuk ingin mengetahui dan mengintip perkembangan terbaru teman-temannya, tanpa mau terlibat dan berinteraksi lebih dalam. Mereka jarang komen, dan hanya lebih sering menggunakan tombol “Like” untuk menunjukkan eksistensinya (akunnya masih on).

D. Tipe Pebisnis. Baginya “time is money”, sehingga akun Facebooknya pun dimanfaatkan untuk berbisnis, seperti jualan baju, promo produk, dan sejenisnya. Memang, pengguna Facebook yang jumlahnya ratusan juta tersebut merupakan sasaran empuk untuk menggaet pelanggan baru, sehingga hal ini memunculkan Facebooker bertipe Pebisnis.

Nah, dari keempat tipe tersebut, kamu termasuk tipe pengguna facebook yang mana?

2. Instagram

Para pengguna aktif Instagram adalah orang-orang yang menyukai keindahan pencitraan dan senang berekspresi, sifatnya yang up-to-date dan senang menarik perhatian orang lain melalui pencitraan, orang-orang ini gemar mengobrol, mencoba hal-hal baru, dan dinamis.

Dalam kehidupan sosial, ada dua tipe dari para pengguna Instagram yaitu mudah menerima informasi dan yang lainnya senang membicarakan hal-hal yang menarik perhatiannya. Nah, kamu sendiri termasuk pengguna yang seperti apa?

3. Twitter

Rata-rata pengguna media social Twitter adalah pribadi yang senang mengemukakan ide-ide nya, pendapat atau kritikan. Senang mengumpulkan informasi, melakukan analisis tentang informasi-informasi yang mereka dapatkan, dalam berbaur para pengguna twitter lebih sering mendengarkan atau bertanya tentang hal-hal yang menarik perhatian nya saja, tidak suka buang-buang waktu dan efisien. Orang-orang ini termasuk ‘Deep thinker’ yaitu seseorang yang senang berpikir secara mendalam.

4. Pinterest

Para pengguna aktif Pinterest tidak jauh berbeda dengan karakter pengguna aktif Instagram, hanya saja mereka lebih pilih-pilih apa saja yang boleh muncul di lingkarannya. Mereka memiliki rasa percaya yang tinggi terhadap orang-orang terdekatnya, tidak ragu untuk terbuka kepada orang lain, perfeksionis dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

5. Linkedin

Dalam bersosialisasi, mereka adalah orang yang tergolong ‘bergaul untuk menghasilkan', mereka pandai menggunakan kemampuan bersosialisasi sebagai peluang mengembangkan jaringan bisnis dan kepentingan profesional, tapi bukan berarti mereka adalah pribadi yang hanya memanfaatkan orang lain untuk kepentingan semata. Orang-orang ini memiliki sifat easy going, simpel namun berbobot, rasional, dan senang mempelajari hal-hal unik.

6. Snapchat

Snapchat adalah tempat bagi orang yang betul-betul menikmati aktifitasnya sehari-hari, mereka pandai menghargai hal kecil, berpikiran terbuka, kreatif, senang memuji dan dipuji, orang-orang ini mampu membuat hal biasa menjadi luar biasa karena kelebihannya dalam mengapresiasi sesuatu, dalam pergaulan para pengguna aktif snapchat cenderung perhatian.

Nah gimana? apakah kamu termasuk salah satu dari tipe karakter yang disebutkan? 

0 Komentar