KONSEP DASAR SERTA TYPOLOGI ALAMAT INTERNET

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar system global Transmision Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. dengan kata lain internet adalah salah satu medika komunikasi berupa data, umumnya dilakukan secara tertulis , audio-vidio, di lakukan bersamaan antara pengirim dan penerima.
Internet jugadapat diartikan sebagai  jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. 
Agar dapat mengenal internet lebih dalam dan tidak hanya mengetahui definisinya saja, maka saya akan menjelaskannya mulai dari hal yang paling dasar.
  • Media penghubung jaringan antara lain; kabel, gelombang radio, cahaya (serat optic).
  • Peralatan : hardware dan software seperti work station, kabel jaringan, kartu jaringan, server (komputer induk), modem.
  • Menghubungkan berbagai jenis komputer: IBM PC, Macintosh, Sparc, Amiga, SGI, dll.
  • Menggunakan bahasa penghubung (protocol) TCP/IP.
Search Engine
Layanan pencarian dokumen di internet terdiri dari dua bentuk yaitu pencarian berdasarkan kata kunci dan berdasarkan direktori (pengelompokkan dokumen).
Network
Kebanyakan para pengguna PC menggunakan PC mereka sendiri tanpa menghubungkannya ke perangkat apapun selain Printer. Bagaimanapun juga, kita selalu dapat menghubungkan dua buah PC dengan sepotong kabel agar dapat saling berkomunikasi. (Biasanya hanya mentransfer data).Sebagai intisari, ini adalah yang disebut sebagai jaringan – dua komputer atau lebih yang terhubung secara fisik dengan sepotong kabel. Hubungan di antara kedua komputer tersebut kemudian diatur dan dioperasikan dengan perangkat lunak khusus.
LAN
Sangat masuk akal untuk membuat kelompok jaringan komputer dimana dapat berbagi beban kerja yang sama, seringkali untuk alasan finansial dan lainnya. Jaringan komputer dimaksudkan bahwa orang  yang menggunakannya dapat berbagi file secara mudah, saling berkirim pesan, dan saring berbagi printer. Ide ini kemudian dikembangkan sebagai LAN. LAN bisa dalam bentuk kecil seperti hanya dalam lingkungan kantor, atau seluruh kota.
WAN
Dalam beberapa kasus, organisasi tersebar di beberapa area yang luas, dan kemampuan LAN tidak mumpuni untuk melakukan tugas komputasi. Dalam keadaan ini, komputer dapat dihubungkan dengan jaringan yang lebih luas yaitu WAN. Perbedaan antara WAN dengan LAN tidak hanya dari segi jarak, tapi juga mengacu ke teknologi. Dengan LAN kita akan mendapat jaringan yang lebih cepat daripada kita memakai WAN.
LAN dengan WAN tidak bekerja sendiri masing-masing, faktanya mereka bergabung bersama dengan sangat baik. Beberapa perusahaan memiliki keduanya, dimana WAN menghubungkan bagian-bagian dari LAN.
Jika kita mengambil sebagian kecil prinsip, jaringan tergabung membentuk jaringan yang besar, yang mana akan tergabung menjadi jaringan yang lebih besar dan seterusnya, sekarang kita mendapatkan gambaran apa internet itu. Secara fisik, internet hanya sekumpulan LAN dan WAN yang telah tergabung dalam level nasional maupun internasional.
TYPOLOGI ALAMAT INTERNET
Setiap komputer di internet memiliki kode identifikasi yang berupa deretan angka IP (IP adress). IP adress sulit diingat oleh pengguna internet, untuk itu digunakan sistem nama. setiap nama komputer diberi nama belakang sesuai dengan instansi yang memiliki komputer tersebut (zona/domain).
lanjutan  inem            = Nama user      @                = at / di
id     id = kode negara, contoh id = Indonesia, uk = Inggris,  jp =  Jepang, au = Australia, sg = Singapura.
Untuk berbagi sumberdaya yang ada di internet (biasanya berupa file), digunakan sistem penamaan alamat khusus yang disebut dengan URL (Universal Resources Locator). Format URL adalah sbb:    protocol://nama_komputer/nama_direktori/nama_file
contoh :
Domain           : unsika.ac.id
Alamat Web    : https://unsika.ac.id/
Alamat e-mail : username@student.unsika.ac.id
Satu aspek yang sangat pentingdalam pencarian dokumen di internet adalah kata kunci (keyword).    Kata kunci umumnya berupa kata benda (noun).    Untuk frase memanfaatkan advance search, dengan menggunakan opertor Boolean Logic: AND, OR, NOT, NEAR.    Hindari kesalahan pengetikan kata kunci. Hindari kata-kata yang terlalu umum.



referensi :

0 Komentar